*Mengelola Eforia Medsos*

Karakteristik lain yang menjadi kelebihan medsos adalah sifatnya yang tak mengenal batas (borderless), tidak perlu pengenal atau identitas yang jelas (anonimitas), dan bisa diakses oleh siapa saja yang telah memiliki akun.

Dengan sifat ini, siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, bisa dengan mudah mengakses dan menyuarakan segala sesuatu yang ada di dalam pikirannya secara bebas dan tanpa takut.

Namun, sifat medsos tersebut pada saat yang sama juga bisa membuat para pengguna menyalahgunakannya untuk kepentingan-kepentingan yang tidak terpuji.

Orang, misalnya, bisa dengan leluasa memposting sesuatu yang mengandung berita-berita hoaks, menimbulkan kebencian, atau menghina orang lain.

Dalam konteks inilah, medsos sebagai ruang publik baru pada gilirannya menjadi arena atau tempat peperangan kelompok-kelompok yang bertikai. Hari ini kita dengan mudah menemukan postingan-postingan yang saling mencela dan menghina antarberbagai kelompok di masyarakat.

Kata-kata yang diungkapkannya pun kerap kali jauh dari etika dan sopan santun, bahkan kadang-kadang nama-nama binatang pun digunakan. Salah satunya, kecebong, yang kerap diasosiasikan kepada sekelompok orang.

Oleh karena itu,  dunia medsos harus diregulasi sedemikian rupa, tidak mengekang dan tidak pula dibiarkan begitu saja.  Dan di sinilah urgensi peran penegak hukum untuk tetap aware dengan imbas-imbas negatif sosial media

#IndonesiaDamai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahuan Bolos Sekolah, Siswa SMA di Nasehati Polisi

Perkuat Silaturrahmi, Polres Tanjungpinang Buka Bersama Organisasi Jurnalis